Bahaya Akibat Terlalu Lama Duduk Bagi Ibu Hamil

Saat sedang hamil, memang cenderung sering duduk karena merasa kelelahan. Namun, jangan terlalu lama dan sering membiasakan duduk terlalu lama. Terdapat Bahaya Akibat Terlalu Lama Duduk Bagi Ibu Hamil yang dapat mengancam kesehatan.

Selamat datang kembali di situs resmi Alfian Herbal yang merupakan tempat penjualan obat herbal secara online yang menyediakan berbagai macam obat herbal yang ampuh untuk mengobati segala penyakit baik penyakit akut maupun penyakit kronis. Sebelumnya telah kami sampakai informasi mengenai Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Payudara. Nah, untuk yang sekarang ini kami akan memberikan informasi yang cukup penting yaitu tentang Bahaya Akibat Terlalu Lama Duduk Bagi Ibu Hamil. Lansung saja simak selangkapnya dibawah ini.

bahaya-akibat-terlalu-lama-duduk-bagi-ibu-hamil

Bahaya Akibat Terlalu Lama Duduk Bagi Ibu Hamil — Bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil belum banyak diketahui oleh ibu hamil, ibu yang sedang hamil memang suka duduk dibandingkan dengan berjalan-jalan. Beragam alasan yang menyertai kebiasaan mereka tersebut misalnya saja adalah  badan terlalu pegal untuk berjalan, badan sudah tidak nyaman untuk berjalan, tuntutan pekerjaan dan masih banyak lagi lainnya. Ibu hamil sebaiknya menghindari terlalu banyak atau terlalu lama duduk sebab membahayakan.

Aktivitas berbahaya untuk ibu hami tidak hanya yang kita sadari saja. Mungkin ibu hamil sering mengabaikan tentang bahaya duduk terlalu lama atau memang ibu tidak mengetahuinya. Saat ini, pekerjaan seorang wanita ada yang menuntutnya untuk duduk berlama-lama mengerjakan pekerjaannya misalnya saja sekretaris, front office, dan lain sebagainya. Dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit Bunda, dr. Ivan R. Sini MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG di laman health.liputan6.com mengatakan bahwa terlalu banyak duduk bisa berpengaruh terhadap kondisi ibu hamil itu sendiri.

Akibat ibu hami kelamaan duduk

  • Darah menggumpal

Ibu hamil akan mengalami peningkatan volume darah hingga sebesar 50%. Darah tersebut seharusnya dialirkan secara merata ke seluruh bagian tubuh. Namun, kalau Anda duduk terus, darah justru akan menggumpal pada bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya panggul dan kaki. Semakin banyak darah yang menggumpal, Anda berisiko terkena penyakit trombosis vena dalam (DVT) dan emboli paru. Kondisi-kondisi tersebut bisa bersifat serius dan fatal.

  • Kelebihan berat badan

Menurut sebuah penelitian di Warwick, Inggris, kelamaan duduk saat hamil bisa membuat Anda jadi malas gerak. Penelitian tersebut juga menguak bahwa ibu hamil yang kebanyakan duduk lebih berisiko mengalami peningkatan berat badan karena kurang bergerak.

Kelebihan berat badan pada ibu hamil berisiko menyebabkan beragam komplikasi kehamilan. Di antaranya adalah preeklampsia, bayi lahir terlambat, bayi lahir dengan bantuan operasi caesar, hingga keguguran.

  • Diabetes gestasional

Penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari Warwick Medical School tersebut juga mengungkapkan bahwa kelamaan duduk saat hamil berisiko menyebabkan diabetes ibu hamil. Diabetes ibu hamil dikenal dalam dunia medis dengan istilah diabetes gestasional.

Seperti halnya kelebihan berat badan, diabetes gestasional juga bisa mengakibatkan komplikasi. Beberapa di antaranya yaitu gangguan pertumbuhan janin, bayi lahir prematur, masalah pernapasan pada bayi, penyakit kuning, dan keguguran.

  • Terlalu Banyak Tekanan

Tubuh ibu hamil cenderung lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan sebelum hamil. Oleh sebab itu ketika ibu hamil terlalu banyak duduk akan menghasilkan tekanan berlebih terutama pada bagian pinggul ke bawah. Tekanan yang terlalu berlebihan tersebut bisa sangat berbahaya bagi pembuluh darah ibu hamil. Alasannya adalah pembuluh darah juga akan tertekan, jika tertekan ibu hamil itu akan merasakan kram terus menerus.

  • Tekanan Di Bagian Tulang Belakang Meningkat

Jika terlalu banyak duduk ibu hamil akan semakin menekan bagian tulang belakangnya. Padahal selama kehamilan, tubuh terutama tulang punggung sudah semakin mengalami pengeroposan. Perut yang semakin membuncit dan badan yang semakin membesar ditopang oleh tulang punggung. Tekanan yang meningkat saat duduk akan menyebabkan ibu yang sedang hamil akan mudah terkena pengeroposan tulang terutama bagian tulang punggung.

  • Menekan Bayi

Bahaya kebiasaan duduk bagi ibu hamil juga dapat berdampak pada kesehatan janin dalam kandungannya. Salah satu dampak buruk akibat terlalu lama duduk adalah akan menekan bayi yang ada di dalam rahim. Jika bayi terlalu lama ditekan, bayi tidak mudah bergerak dengan bebas. Hal seperti itu akan membahayakan bagi tubuh bayi yang ada di dalam kandungan. Bayi yang tidak bisa bergerak dengan bebas bisa lemas di dalam kandungan.

  • Aliran Darah Menumpuk Ke Kaki

Ibu hamil yang terlalu lama duduk bisa menyebabkan aliran darah menumpuk ke kaki. Hal tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan janin yang ada di dalam rahim sebab aliran darah menuju ke rahim menjadi terhambat. Dengan sering berjalan kaki atau melakukan senam peredaran darah menjadi lancar kembali. Namun jika ibu hamil tidak kuat untuk melakukan senam atau jalan-jalan sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri sebab kaki akan semakin memiliki banyak tekanan.

Saat hamil memang sebaiknya ibu hamil memperbanyak aktivitas seperti jalan pagi, membersihkan rumah namun jangan sampai kecapaian. Ibu hamil tu tidak boleh terlalu banyak duduk sebab memperbanyak aktivitas seperti jalan pagi, senam haml dan aktivitas lainnya akan sangat bermanfaat dalam membantu proses peroses persalinan kelak. Sekian informasi Bahaya Akibat Terlalu Lama Duduk Bagi Ibu Hamil, semoga bermanfaat.

Bahaya Akibat Terlalu Lama Duduk Bagi Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s